Pray For Muamba: Dari Stamford Bridge Sampai Bernabeu

Simpati untuk pemain Bolton yang sedang berjuang untuk hidup, Fabrice Muamba, digemakan di mana-mana, dari Stamford Bridge sampai Santiago Bernabeu.

Berikut ini 10 foto "Pray for Muamba", yang terkena serangan jantung saat pertandingan Piala FA antara timnya melawan Tottenham Hotspur di White Hart Lane, London, Sabtu (17/3/2012).

1. Selebrasi dari Gary Cahill
FOTO:
Gary Cahill membuat kaus khusus dan memperlihatkannya kepada publik seusai mencetak gol pertama untuk Chelsea, saat mengalahkan Leicester City 5-2 di perempatfinal Piala FA tadi malam, Minggu (18/3) di Stamford Bridge.

"Senang sekali bisa membuat gol pertama untuk Chelsea. Tapi pertandingan ini sebuah samar-samar. Aku cuma bisa mendoakan yang terbaik untuk Fabrice. Semoga dia pulih cepat. Hari ini pikiranku ada di tempat lain," ucap bek Chelsea yang pernah membela Bolton dan berpartner dengan Muamba itu.


2.  Minute of Silent di Sports Direct Arena
FOTO:
Tiga pemain Newcastle United, Yohan Cabaye (kiri), Demba Ba (tengah) dan Jonas Gutierrez bertepuk tangan setelah mengheningkan cipta satu menit untuk Fabrice Muamba, menjelang kickoff pertandingan Liga Inggris antara Newcastle United versus Norwich City di Sports Direct Arena, Minggu 18 Maret 2012.


3. 'Get Well Soon' from Anfield

FOTO:
Doa untuk Fabrice Muamba dari suporter Liverpool saat pertandingan tim tersebut melawan Stoke City, Minggu 18 Maret 2012, di babak perempatfinal Piala FA, di Stadion Anfield.

"Dia punya banyak orang di sisinya. Dunia sepakbola ada di sampingnya. Meskipun banyak rival di sana, tapi rasa hormat yang ditunjukkan fans kedua tim kemarin sungguh patut dijadikan contoh," demikian komentar manajer Liverpool, Kenny Dalglish.


4. Bolton berduka

FOTO:
Manajer Bolton Wanderers Owen Coyle (kiri) dan ketua klub Phil Garside berbicara dengan media di luar London Chest Hospital, Minggu 18 Maret 2012, tempat Fabrice Muamba masih dirawat intensif akibat serangan jantung saat berada di lapangan pertandingan.

Muamba tiba-tiba kolaps, terjatuh cukup jauh dari pemain-pemain lain. Tim medis Bolton dan Tottenham Hotspur bersama-sama memberi pertolongan pertama pada dia, yang dikabarkan sempat tidak bernafas selama enam menit, sehingga harus diberikan CPR dan alat kejut jantung.

Muamba langsung dilarikan ke rumah sakit dengan ambulans, diiringi tepuk tangan dan nyanyian dari seluruh penonton di stadion. Pertandingan pun langsung diputuskan dihentikan.


5. Pesan Simpati dari Madrid

FOTO:
Klub Spanyol Real Madrid membuat kaus khusus yang mereka perlihatkan menjelang kickoff pertandingan Liga Spanyol melawan Malaga di Santiago Bernabeu, Minggu 18 Maret 2012, malam waktu setempat.

Kaus itu mendoakan dua pemain yang sedang dilanda musibah, yakni bek Barcelona asal Prancis, Eric Abidal, yang harus menjalani operasi pencangkokan hati, serta Fabrice Muamba.


6. Manchester Bersatu untuk Muamba

FOTO:
Dua replika kostum Manchester City dan Manchester United bertuliskan pesan-pesan simpati untuk Fabrice Muamba, pemain Bolton Wanderers yang masih berjuang untuk hidup, setelah terkena serangan jantung di tengah lapangan White Hart Lane Sabtu kemarin.

Lupakan rivalitas, bersatu atas nama kemanusiaan.


7. Menit-Menit Mencekam itu
FOTO:
Inilah menit-menit menegangkan dan mencekam di White Hart Lane, ketika sedikitnya enam petugas medis berjibaku memberi pertolongan pertama pada Fabrice Muamba, yang tiba-tiba kolaps lantaran serangan jantung.

Kabarnya ia sempat tak bernafas selama enam menit, sebelum akhirnya bisa dikeluarkan dari lapangan dan dilarikan ke rumah sakit dengan ambulans. Para pemain dan seluruh penonton terhenyak melihat insiden yang sangat mengejutkan itu.


9. Tuncay Berdoa untuk Muamba
FOTO:
Penyerang Bolton asal Turki, Sanli Tuncay, berjongkok menengadahkan kedua tangannya, membaca doa untuk rekan setimnya, Fabrice Muamba, yang sedang dibantu tim medis setelah kolaps di lapangan karena serangan jantung.

Tak cuma Tuncay, hampir semua pemain tampak tegang menunggu Muamba siuman, termasuk pemain Tottenham Hotspur, Jermain Defoe, yang sempat menangis menyaksikan Muamba berjuang untuk tetap hidup.


8. Menunggu Muamba Siuman
FOTO:
Bunga dan pesan-pesan untu kesembuhan Fabrice Muamba yang diletakkan fans dan simpatisan di bagian luar Reebok Stadium, markas klub Bolton Wanderers.

Sampai saat ini Muamba masih dalam kondisi kritis meskipun terus dirawat intensif di London Chest Hospital.


10. Dukungan dari Para Pemain Untuk Muamba


FOTO:Fabrice Muamba tengah dalam kondisi kritis dan sedang berjuang untuk tetap hidup. Kolega-kolega Muamba sesama pemain mengucapkan simpatinya dan mendoakan Muamba lekas membaik.

Setelah kolaps saat membela Bolton Wanderers dalam laga Piala FA kontra Tottenham Hotspur, Sabtu (17/3/2012), Muamba masih dirawat di London Chest Hospital. Kondisi gelandang 23 tahun itu masih terus dipantau.

Berikut dukungan dari para pemain untuk Muamba sebagaimana dipublikasikan oleh Mirror.

Jack Wilshere
"Saat saya dipinjamkan ke Bolton, saya seperti anak yang meninggalkan rumah. Saya mengenal Fab dari timnas U-21 dan saya tak akan pernah melupakan hari pertama saya."

"Dia mengajak saya berkeliling tempat latihan, memperkenalkan saya kepada semua orang dan menjaga saya. Kalau Anda mengenal dia, Anda akan tahu dia orang seperti apa-- seorang pemimpin dan pria yang baik. Semua orang, tetaplah berdoa!"

Jermain Defoe
"Apa yang saya saksikan kemarin benar-benar menempatkan kehidupan dalam perspektif. Saya berterima kasih kepada Tuhan karena Fab stabil."

Emmanuel Adebayor
"Tak masalah apakah Anda bukan orang yang religius. Berdoalah untuk Fabrice Muamba."

Stuart Holden
"Berdoa untukmu, Fab. Semoga dia baik-baik saja."

11. Cepat sembuh, Muamba

FOTO:
Fabrice Muamba lahir di Zaire pada 6 April 1988, hijrah ke Inggris dalam usia 11 tahun, menyusul bapaknya, yang meninggalkan negara Afrika itu lantaran kekacauan politik.

"Inggris adalah negara angkatku," kata Muamba tahun lalu. "Orang-orang telah membantuku, menyambutku dengan tangan terbuka dan memberiku kesempatan ini. Aku memperoleh kehidupan yang lebih layak dan nyaman. Aku sangat menghargai itu."

Di dunia sepakbola Muamba masuk akademi Arsenal di tahun 2002 saat berumur 14 tahun. Namun ia hanya bermain dua kali untuk The Gunners di Piala Liga musim 2007/2008, sebelum kemudian dipinjamkan ke Birmingham di musim berikutnya. Ia dibeli Bolton pada Juni 2008 seharga lima juta poundsterling.


Baca Juga Postingan Terkait Lainnya Sob :


0 Response to "Pray For Muamba: Dari Stamford Bridge Sampai Bernabeu"

Posting Komentar